Wednesday, December 5, 2007

XML - HTML, XSD and (XSLT <> CSS)

XML singkatan dari eXtensible Markup Language, menjadi bagian penting bagi programmer yang akan mengembangkan web services. XML dibangun dengan kemampuan melakukan transfer data antarplatform.
XML juga memiliki kemampuan integrasi data selain pertukaran data antar platform. Untuk web statis yang sederhana, programmer seringkali hanya menggunakan HTML. Sedangkan jika web kompleks atau membutuhkan konten yang dinamis, bahasa HTML akan dikombinasikan dengan bahasa pemrograman internet server-side seperti PHP, ASP. Namun setelah diparser oleh web server, program akan diubah menjadi HTML untuk dikirim ke browser client.
Bahasa XML tidak sama dengan HTML. HTML didesain untuk menampilkan data dan berfokus bagaimana data tersebut ditampilkan, sedangkan XML didesain untuk membawa data, mendeskripsikan data dan berfokus pada apakah data itu. Dengan kata lain XML yang mendefinisikan data dan HTML yang menampilkan data. Kedua bahasa tersebut sama-sama menggunakan tag.Tag yang digunakan pada dokumen XML sifatnya not predefined (ditentukan sediri). XML dapat menggunakan DTD atau XSD untuk mendefinisikan data supaya menjadi XML Valid sedangkan XML yang hanya berdasarkan sintaks yang benar saja tanpa memperhatikan isi data disebut XML Well Formed. Untuk mengatur tampilan isi data pada XML, digunakan suatu bahasa stylesheet yaitu XSL yang akan mendeskripsikan bagaimana XML tersebut ditampilkan atau menghasilkan data dalam format HTML atau text dan sebagainya.

No comments: